Indahnya Wisata Karimunjawa

Keindahan wisata karimunjawa semakin di kenal oleh wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan manca negara, karena kepulauan karimunjawa mempunyai beberapa keunggulan yang belum tentu ada di tempat wisata pantai lainnya di Indonesia. Liburan, pasti yang ada di benak kita ialah bersenang-senang, berkumpul bersama sahabat, keluarga, serta pasangan. Memang itulah liburan yang sesungguhnya. Kualitas bersama orang-orang tercinta, tidak ternilai harganya bahkan sangat mahal. Ya, sangat mahal dan tak ternilai harganya tersebut dikarenakan di saat masing-masing individu sudah terikat oleh rutinitas seperti sekolah dan bekerja. Apalagi jika tempat aktivitas tersebut berada jauh dari tempat tinggal atau jauh dari keluarga. Tentunya berkumpul dan berlibur dengan keluarga, teman, pasangan merupakan hal yang sangat dinantikan. Memang liburan tidak perlu pergi ke tempat yang jauh atau tempat yang mahal. Namun, dengan berlibur di tempat yang dekat pun asal bersama-sama dengan orang-orang tercinta kita, rasanya sudah sangat bahagia. Yang terpenting ialah di tempat liburan tersebut kita dan orang-orang tercinta kita bisa saling melepas penat dan merasakan kebersamaan. Nah, salah satu alternatif liburan yang cocok untuk berlibur ialah wisata Karimunjawa. Seperti apa wisata di tempat itu? Apa saja yang ditawarkan tempat wisata itu? Semuanya akan dijelaskan dalam artikel seputar wisata karimunjawa berikut ini.

obyek wisata karimunjawa jawa tengah

Karimunjawa merupakan destinasi wisata yang berbentuk kepulauan (terdiri dari 27 pulau). Karimunjawa berada di wilayah Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Untuk mencapai Karimunjawa dari dataran Jepara sendiri memerlukan 4 sampai 6 jam dengan menggunakan kapal motor. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya:

  1. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa wisata Karimunjawa terdiri dari 27 kepulauan antara lain ialah Pulau Cemara Besar, Pulau Menjangan Besar dan Kecil, Pulau Burung, Pulau Tengah, Pulau Gundul, Pulau Seruni, Pulau Bengkoang, dan sebagainya yang merupakan pulau yang tak berpenghuni. Sebaliknya untuk pulau yang berpenghuni antara lain Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk, Pulau Parang, dan Pulau Genting.
  2. Pemandangan laut yang indah sangat menjadi daya tarik wisata Karimunjawa. Gugusan pulau yang tersebar terlihat seperti telaga warna yang sangat menarik mata kita. Apalagi airnya yang jernih dan tidak tercemar oleh polusi. Hal tersebut membuat kita bisa banyak melakukan aktivitas di pulau-pulau yang ada. Aktivitasnya antara lain ialah snorkelling, diving, memancing, bermain dayung, atau sekedar melihat ikan hias dan terumbu karang yang ada.
  3. Jika ingin melihat iringan ikan Lumba-lumba, kita bisa melihatnya dengan menyewa kapal laut yang sudah disediakan oleh pengurus di sana. Selain itu, di beberapa pulau yang ada kita bisa melihat satwa langka seperti Menjangan, Trenggiling, Landak, Ikan Lele tanpa pati, penyu sisik, penyu hijau dan sebagainya.

Untuk melakukan wisata Karimunjawa lebih baik Anda datang pada Bulan Maret hingga Bulan Oktober. Karena di antara-antara bulan tersebut cuaca bisa dibilang bersahabat dan cocok untuk berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa yang sangat indah.

Leave a Reply