Rasakan Sensasi Alam di 15 Tempat Wisata di Lumajang Ini

Lumajang adalah salah satu kabupaten yang teradapat di Provinsi Jawa Timur. Kawasan ini terbukti telah menarik begitu banyak pengunjung karena beberapa tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi. Terutama apabila kita memiliki hobi jalan-jalan, tentu akan sangat disayangkan apabila sampai melewatkan Lumajang sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur. Di Lumajang sendiri terdapat tiga gunung berapi yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo serta Gunung Lemongan. Alam di sekitarnya juga sangat indah sehingga kabupaten ini terutama terkenal akan wisata alamnya. Terutama terdapat banyak danau serta air terjun yang tidak bisa kita lewatkan begitu saja. Berikut adalah 15 tempat wisata di Lumajang yang harus kita kunjungi apabila tengah berada di kabupaten ini.

Daftar 15 Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur

1) Pertama ada pemandian alam Selokambang. Objek wisata ini berjarak sekitar lima puluh tiga kilometer dari pusat kota serta menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Anak-anak serta orang dewasa dapat berkunjung kemari, terutama karena terdapat beragamnya wahana permainan yang tersedia. Salah satunya adalah flying fox. Sementara untuk anak-anak tersedia perahu guna mengelilingi danau.

pemandian-selokambang-lumajang

2) Tempat wisata kedua dalam 15 tempat wisata di Lumajang yang harus kita kunjungi adalah Pantai Bambang. Keunikan dari Pantai Bambang adalah pasir pantainya berwarna hitam serta memiliki ukuran butiran yang cukup besar. Pasir yang ada di pantai ini juga merupakan aliran dari Gunung Bromo. Ombak di pantai dapat mencapai ketinggian tiga meter.

3) Ketiga ada Candi Mandara Giri. Tempat ini terutama cocok apabila kita menyukai wisata sejarah dan juga edukasi. Objek wisata ini merupakan candi Hindu yang letaknya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Lumajang. Candi ini masih terawat dengan baik dan bisa menjadi wisata edukasi yang menyenangkan terutama untuk anak-anak.

4) Objek keempat dalam 15 tempat wisata di Lumajang adalah Goa Tetes. Tujuan wisata yang satu ini cocok untuk kita yang gemar berpetualang. Goa Tetes berlokasi tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Untuk dapat sampai kemari, kita harus menempuh perjalanan sekitar 55 kilometer menuju ke arah selatan. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki agar kita bisa menyaksikan sendiri keindahan gua.

5) Kelima ada Gunung Semeru. Gunung berapi aktif ini tidak boleh kita lewatkan apabila tengah berada di Lumajang, terutama untuk kita yang memang gemar naik gunung dan menikmati wisata alam. Wisatawan juga dapat mendaki hingga ke puncak Gunung Semeru serta menikmati keindahan di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

6) Objek keenam dalam 15 tempat wisata di Lumajang yang tidak boleh kita lewatkan selanjutnya adalah Kawasan Wonorejo Terpadu atau biasa disingkat KWT. KWT merupakan lokasi wisata keluarga yang cukup populer. Di dalamnya tersedia berbagai wahana permainan seperti kolam renang, sarana luncuran hingga kereta gantung dan komidi putar. Lokasinya ada di desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang.

7) Ketujuh ada Watu Godeg. Pantai ini terletak 80 kilometer dari pusat kota Lumajang. Pemandangan pantai yang disuguhkan di sini cukup mengagumkan. Lokasinya sendiri ada di Kecamatan Tempursari. Terdapat kepercayaan yang melekat pada masyarakat sekitar bahwa mandi di pantai ini akan menyembuhkan aneka penyakit kulit, terutama godeg atau panu.

8) Kedelapan, terdapat objek wisata Ranu Kumbolo. Objek ini juga merupakan salah satu dari 15 tempat wisata di Lumajang yang wajib untuk kita kunjungi. Untuk bisa menikmati keindahan danau ini kita harus terlebih dahulu mendaki gunung Semeru. Danau ini memang berada di lereng Semeru dan di sini kita bisa mengisi persediaan air sampai ke puncak gunung.

9) Kesembilan, ada Pantai Dampar. Lokasinya ada di Kecamatan Pasirian serta letaknya agak terpencil dan agak jauh dari akses di jalan utama. Karena jauh dari jalan utama, otomatis suasana di pantai ini tenang dan jauh dari keributan. Hal ini membuat Pantai Dampar menjadi lokasi yang cocok apabila kita hendak melepas penat.

10) Kesepuluh, ada Pantai Watu Pecak. Pantai ini juga merupakan salah satu dari 15 tempat wisata di Lumajang yang harus kita datangi. Letaknya ada di Desa Selok Awar-awar, Kecamatan Pasirian, sekitar 18 kilometer dari selatan pusat kota Lumajang. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Bambang serta memiliki ombak besar yang cukup berbahaya sehingga sangat tidak dianjurkan untuk mandi di sini.

11) Kesebelas, terdapat Pantai Tlepuk yang ada di Kecamatan Pasirian serta terletak 31 kilometer dari selatan kota Lumajang. Di sini, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas memancing, berenang, berjemur hingga bermain voli. Keindahan yang ditawarkannya tak kalah eksotis dari pantai-pantai lain yang ada di Lumajang.

12) Keduabelas, terdapat objek wisata Gunung Lemongan yang juga merupakan salah satu dari 15 tempat wisata di Lumajang yang perlu untuk kita datangi. Gunung ini telretak di antara Kabupaten Probolinggo dan Lumajang. Gunung ini bisa menjadi alternatif pendakian di samping Semeru. Gunung Lemongan terutama cocok untuk pendaki pemula karena tidak terlalu tinggi.

13) Ketigabelas ada Air Terjun Manggisan. Lokasinya ada di Desa Kandangan, Kecamatan Senduro. Air Terjun Manggisan merupakan tempat yang tepat untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Ketinggiannya mencapai 55 meter dengan debit air mencapai 198 liter per detiknya. Jaraknya sendiri sekitar 22 kilometer dari pusat kota Lumajang. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1.5 kilometer.

air-terjun-manggisan-lumajang

14) Keempatbelas ada Puncak B29. Bagi wisatawan yang hobi mendaki, Puncak B-29 tentu tidak boleh dilewatkan dan masuk dalam 15 tempat wisata di Lumajang yang harus dikunjungi. Di sini, wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam dari ketinggian 2900 meter di atas permukaan air laut serta menikmati keindahan dari Gunung Bromo. Bukti ini sendiri masih berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Puncak B29

15) Terakhir ada perkebunan teh Kertowono Gucialit. Pemandangan alam yang tersaji di sini utamanya adalah perkebunan teh yang menghijau. Lokasi tepatnya ada di Kecamatan Gucialit. Pemandangan perkebunan teh akan langsung menyambut kita begitu tiba di lokasi. Suasananya juga membuat kita betah untuk tinggal. Di sini juga tersedia produk teh yang diproduksi langsung oleh perkebunannya dengan merk Teh Cap “Gajah Kertowono”. Kita bisa membelinya sebagai oleh-oleh saat pulang kembali ke rumah.

perkebunan teh Kertowono Gucialit

Itulah 15 tempat wisata di Lumajang yang dapat kita kunjungi apabila tengah berada di Jawa Timur. Mulai dari wisata keluarga, wisata alam hingga wisata edukasi semuanya tersedia di sini. Kita bisa berlibur bersama pasangan, rombongan keluarga hingga teman-teman untuk menikmati keindahan Lumajang, mulai dari keindahan pantai hingga gunungnya. Semoga informasi 15 tempat wisata di Lumajang ini bisa menjadi referensi kita dalam memilih tempat wisata di akhir pekan nanti. Selamat berlibur di Lumajang, Jawa Timur.

Leave a Reply