Objek Wisata Pantai Lovina Bali

Pantai Lovina adalah salah satu tempat wisata pantai yang terkenal di bagian utara Pulau Bali. Pantai Lovina memiliki pesona keindahan air laut yang tenang dan pasir pantai yang berwarna kehitaman. Salah satu yang menjadi daya tarik utama pantai Lovina adalah tur laut dengan menyaksikan atraksi lumba-lumba yang hidup alami di laut lepas. Ratusan lumba-lumba dapat Anda lihat pada pagi hari, sekitar 1 km dari lepas pantai. Anda bisa melihat atraksi lumba-lumba yang melompat-lompat ke atas permukaan laut. Selain itu Pantai Lovina memiliki pemandangan matahari tenggelam atau sunset yang sama indahnya seperti di Pantai Kuta. Kawasan Lovina ini juga ditunjang dengan sejumlah daya tarik pariwisata lainnya yang tidak berada jauh dari pantai. Tempat-tempat wisata di sekitar Lovina adalah pemandian Air Panas Banjar, Pura Ulun Danu Bratan, Air Terjun Gitgit dan beberapa wisata pedesaan yang ada di sekitar lokasi.

Lokasi Pantai Lovina


Pantai Lovina terletak di daerah Kalibukbuk, sekitar 10 Km sebelah barat Kota Singaraja. Wilayah Lovina meliputi beberapa desa seperti Pemaron, Tukad Mungga, Anturan dan Desa Kalibukbuk. Kalibukbuk merupakan suatu desa yang termasuk wilayah Kecamatan Buleleng, sedangkan Kaliasem dan Temukus terletak di Kecamatan Banjar di mana keduanya adalah masuk wilayah Kabupaten Buleleng.

Objek Wisata di Pantai Lovina

Pantai Lovina Bali

Pusat wisata Pantai Lovina terletak 10 Km dari kota Singaraja. Saat ini, kawasan Lovina menjadi tempat wisata di Bali utara yang terkenal dan menawarkan berbagai macam fasilitas bagi para wisatawan, seperti: kemudahan akomodasi, restoran, bar, kegiatan pantai, toko-toko kerajinan, bank, transportasi dan lain-lain. Di daerah ini juga sudah tersedia hotel berbintang sampai hotel kecil bahkan home stay untuk wisatawan yang menginginkan penginapan dengan harga murah. Sebagai kawasan wisata dan pusat pariwisata di Singaraja, Pantai Lovina mendapatkan kunjungan terbesar dari wisatawan yang mengunjungi bagian utara Bali. Diperkirakan 90 % dari wisatawan yang berkunjung ke bagian utara Bali akan datang dan singgah di Lovina.

Sejarah Pantai Lovina

Berdasarkan referensi, nama Lovina berkaitan erat hubungannya dengan seorang Raja Klan Buleleng bernama Anak Agung Panji Tisna. Nama Lovina diberikan oleh beliau, di mana pada saat pertama kali beliau membangun sebuah bungalow sebagai tempat peristirahatan di desa Kaliasem. Dia mengatakan bahwa nama Lovina diambil dari nama hotel kecil di India yaitu lafeina, dimana beliau pernah tinggal di Bombay, India dan menulis sebuah buku dengan judul Ni Ketut Widhi. Buku ini sempat diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Tetapi menurut versi lain nama Lovina berasal dari 2 pohon Santen yang ditanam oleh Panji Tisna dan tumbuh merangkul satu sama lain. Dari filosofi pohon tersebut maka nama Lovina berasal dari bahasa Latin yang berarti saling mencintai atau cinta. Kemudian nama Lovina diartikan sebagai singkatan dari “Love” dan “Ina” dan ditafsirkan sebagai Cinta untuk Indonesia.

Leave a Reply