Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas di Pantai Batu Bengkung Malang

Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas di Pantai Batu Bengkung Malang. Kita sebagai orang Indonesia patut bersyukur. Pasalnya Indonesia mempunyai banyak sekali wisata-wisata indah nan eksotis. Salah satu kota dengan objek wisata berlimpah ada Malang.

Di Malang, kamu bisa menemukan hampir semua jenis objek wisata. Mulai dari wisata alam seperti air terjun seperti Coban Nirwana. Wisata unik dan seru seperti Labirin Coban Rondo. Sampai dengan objek wisata buatan manusia seperti Batu Night Spectacular.

Untuk kamu traveler yang lebih suka traveling ke pantai, tenang saja. Malang juga punya banyak pantai indah yang menunggu untuk kamu kunjungi. Salah satu pantai dengan pemandangan eksotis di Malang adalah Pantai Batu Bengkung.

Pantai ini disebut “Batu Bengkung” karena di sekitar pantainya terdapat banyak bebatuan. Uniknya, deretan batu-batuan tersebut terlihat menyerupai wanita yang sedang dibekung. Apa itu Bengkung?

Bengkung adalah tradisi dari tanah Jawa yang biasanya dilakukan oleh wanita yang baru melahirkan. Yaitu dengan menggunakan semacam korset agar perutnya cepat ramping kembali pasca melahirkan.

Lokasi Pantai Batu Bengkung

Dari pusat Kota Malang, kamu bisa menuju ke arah pantai Sendangbiru. Jika kebetulan kamu menggunakan motor, biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 2 sampai 3 jam. Namun perlu dicatat bahwa kamu jangan sampai terlewat Jalur Lintas Selatan.

Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas di Pantai Batu Bengkung Malang

Pantai Batu Bengkung

Masuklah ke Jalur Lintas Selatan (JLS) dan ikuti ke arah Pantai Goa Cina dan Bajulmati. 1,5 Km setelah melewati Pantai Bajulmati kamu akan melihat sebuah papan penunjuk jalan yang mengarah langsung ke Pantai Batu Bengkung. Dalam perjalanan di Jalur Lintas Selatan, kamu juga akan melihat pemandangan indah dari atas Jembatan Bajul Mati. Jembatan Bajul Mati sendiri berdiri diatas sebuah danau yang jika kamu melintas diatasnya, akan terlihat danau dibawah secara utuh.

Lokasi tepatnya adalah di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan. Dilihar dari posisi geografisnya, Pantai Batu Bengkang adalah pantai yang letaknya paling barat di Malang. Pantai Batu Bengkung ditandai dengan sebuah tulisan “Batu Bengkung” di depan pintu masuknya. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan terlewat, karena sudah ada penanda yang bisa memudahkan kamu dalam melakukan pencarian Pantai Batu Bengkung.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Batu Bengkung

Harga tiket masuk ke Pantai Batu Bengkung adalah Rp. 5.000,- per orang. Biaya semurah itu rasanya sangat murah jika dibandingkan dengan pemandangan yang akan kamu dapatkan di Pantai Batu Bengkung. Biaya lain yang perlu kamu persiapkan adalah biaya parkir, jika kamu menggunakan kendaraan seperti motor/mobil. Biaya parkir mulai dari Rp. 2.000,- sampai dengan Rp. 5.000,-.

Jika kendaraan yang kamu bawa diparkir sehari semalam, maka kamu harus menambah ongkos parkir sebanyak 2 kali lipat.

Fasilitas-fasilitas yang Ada di Pantai Batu Bengkung

Tidak seperti wisata pantai pada umumnya yang hanya memiliki pasir. Di Pantai Batu Bengkung kamu akan mendapatkan lebih dari itu. Terdapat banyak tebing di bibir pantai yang akan membuat pemandangan Pantai Batu Bengkung menjadi lebih epik.

Batu-batu karang di sepanjang pantai juga bisa dilihat dengan mudah. Batu-batu karang inilah yang menahan laju ombak laut sehingga tida bisa sampai terlalu jauh ke luar pantai. Jika kamu ingin berenang, atau sekedar main basah-basahan, maka kamu bisa melakukannya.

Di Pantai Batu Bengkung juga terdapat sebuah lubang yang menyerupai goa. Karenanya, lubang tersebut disebut dengan Goa Angin. Kenapa Goa Angin? Itu karena dari dalam Goa tersebut sering berhembus angin yang sangat kencang.

Angin tersebut berasal dari dorongan air ombak dari sisi lain Goa. Angin yang dihasilkan oleh Goa tersebut bisa dibilang cukup kencang. Kamu bahkan yang mengenakan topi harus memegangnya erat-erat agar tidak terhempas.

Kamu juga akan melihat sebuah tiang kayu dengan papan bertuliskan “Pantai ini bukan tempat sampah!!!” Tulisan tersebut dibuat oleh tim My Trip My Adventure, sebuah acara yang mengulas tempat-tempat wisata di Indonesia. Tulisan itu dibuat untuk selalu mengingatkan para pengunjung agar tidak mengotori pantai. Sayang sekali bukan, pantai yang begitu indah jadi rusak hanya karena ulah segelintir orang?

Karenanya, kamu sebagai traveler wajib menjaga kebersihan tempat wisata yang kamu kunjungi. Dimanapun kamu berkunjung, selalu jaga kebersihan tempat wisata agar para pengunjung setelah kamu tetap dapat menikmati keindahannya.

Menghabiskan waktu di pantai adalah hal yang menyenangkan. Kamu bisa lupa waktu karena keindahan Pantai Batu Bengkung. Ketika melihat jam dan menyadari hari sudah sore, biasanya saat itu juga perut kamu akan mulai berdemo dan “minta jatah”. Jangan khawatir, karena di sekitar lokasi Pantai Batu Bengkung terdapat warung-warung yang menjual berbagai makanan.

Kamu yang ingin melaksanakan ibadah juga bisa melakukannya dengan nyaman di tempat-tempat ibadah yang ada di sekitar lokasi.

Berwisata ke suatu daerah tanpa membawa oleh-oleh khas daerah tersebut ibarat makan sayur tanpa garam. Karenanya, di sekitar lokasi Pantai Batu Bengkung banyak penjual oleh-oleh khas Malang. Mulai dari aksesoris sampai dengan baju.

Leave a Reply