Lokasi, Harga Tiket Masuk Baluran National Park

Jika kamu ingin merasakan padang savana seperti di Afrika, kamu sebenarnya tidak perlu jauh-jauh kesana. Cukup di Baluran National Park Situbondo dan Banyuwangi kamu bisa menemukan suasana serasa di Afrika. Salah satu lokasi yang bisa kamu kunjungi adalah Baluran National Park. Taman nasional Baluran menjadi tempat konvensasi untuk melindungi satwa liar dan memiliki ekosistem hutan yang cukup kering. Banyak juga yang menyebut bahwa taman nasional Baluran adalah Afrika-nya Indonesia. Baluran National Park berada di atas lahan seluas 25.000 hektar. Kamu bisa menemukan banyak satwa hidup di Baluran national Park, mulai dari kijang, rusa, kancil, macan tutul dan masih banyak lagi. Burung-burung liar yang dilindungi juga bisa kamu temukan di sini seperti tuwuk asia, burung merak dan burung kangkareng. Secara keseluruhan, jumlah burungnya sekitar 155 burung.

Tidak hanya satwa liar yang menjadi daya tarik wisata taman nasional baluran, kamu juga bisa menemukan hutan mangrove dan pesona Pantai Bama. Berlibur kesini tentu kamu akan merasakan suasana alam liar yang sangat kental. Baluran national park sangat sesuai jika kamu memiliki jiwa petualangan. Beberapa tumbuhan yang hidup di kawasan juga cukup unik. Tumbuhan tersebut bisa tetap berwana kehijauan meski dengan keadaan tanah yang cukup kering. Mimba, pilang dan widoro bisa dengan mudah kamu temukan di kawasan ini.

Baca juga : Harga tiket Masuk Eco Green Park Batu

Baluran National Park tidak pernah sepi pengunjung. Jika dihitung, rata-rata ada 100 wisatawan yang berkunjung ke sini setiap harinya. Jumlah tersebut juga akan meningkat di saat hari libur. Disini kamu diijinkan untuk melintasi tengah savana sambil mengamati berbagai satwa yang hidup di kawasan ini. Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari mendaki gunung, menjelajah hutan hingga mengobservasi burung dan alam liar.

Lokasi Baluran National Park

Baluran National Park berlokasi di Desa Wongsorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan juga di Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasi Baluran National Park terbilang cukup terpencil dan jauh dari keramaian. Jarak dari jalan raya ke lokasi wisata ini mencapai 12 km.

Baca juga : Fasilitas, Lokasi dan Harga Tiket Masuk Museum Angkut Malang

Fasilitas

Ada beragam fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola Baluran National Park. Jika kamu tertarik mendaki gunung di taman nasional baluran, kamu akan ditemani oleh petugas khusus sehingga perjalanan akan menjadi lebih aman. Kawasan Baluran National Park juga menyediakan camping ground jika kamu ingin menginap di alam terbuka. Camping ground berlokasi sekitar 500 meter dari pintu masuk Baluran National Park. Di area camping ground tersebut juga telah tersedia kamar mandi. Kamu juga tidak akan kesulitan untuk mendapatkan air bersih di kawasan wisata ini.

Baluran National Park

Kamu bisa menemukan menara pandang di Savana Bekol, melalui menara pandang tersebut kamu bisa melihat Baluran National Park yang luas dari ketinggian. Pantai Bama juga memberikan fasilitas yang lebih lengkap. Ada mushola, kamar mandi, penginapan, kantin, lapangan parkir serta lokasi permainan outbound.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Baluran National Park tidak terlalu mahal. Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang untuk hari senin hingga sabtu dan Rp 7.500 per orang untuk hari minggu. Jika kamu membawa kendaraan roda dua, kamu akan dikenakan tarif tambahan sebesar Rp 5.000 untuk hari senin hingga sabtu dan Rp 7.500 untuk hari minggu. Sementara untuk mobil dikenakan biaya Rp 10.000 untuk hari senin hingga sabtu dan Rp 15.000 untuk hari minggu. Wisatawan asing memang dikenakan tiket lebih mahal sebesar Rp 150.000 per orang untuk hari senin hingga sabtu dan Rp 225.000 per orang untuk hari minggu atau masa liburan.

Tarif penginapan yang tersedia di taman nasional baluran juga sangat terjangkau. Penginapan yang berada di Savana Bekol memiliki tarif yang variatif. Wisma rusa bisa menampung hingga 12 orang dan terdapat 7 kamar. Kamu bisa menyewa wisma rusa dengan biaya Rp 35.000 per orang. Wisma Merak dapat menampung 3 orang bisa disewa dengan biaya Rp 50.000 per orang. Wisma Banteng dapat menampung 4 orang dapat disewa dengan harga Rp 250.000 per unit. Sementara penginapan yang berada di kawasan Pantai Bama bertarif Rp 75.000 per orang untuk wisma Kapidada dan Rp 300.000 per unit untuk wisma Pilang.

Baca juga : Lokasi dan rute menuju pemandian kalireco malang

Tips berkunjung

Kamu perlu tahu beberapa tips agar kunjungan ke taman nasional baluran bisa lebih nyaman:

  • Sebaiknya berkunjung ke Baluran National Park di bulan Maret hingga Agustus. Pada masa ini kamu bisa melihat tarian burung merak, kawanan rusa dan kawanan monyet berburu kepiting.
  • Jika kamu berniat trecking di kawasan Baluran, persiapkan peralatan serta gunakan alas kaki yang nyaman untuk kegiatan outdoor.
  • Jagalah kebersihan dan keindahan lokasi wisata, kamu tidak diperbolehkan untuk merusak alam apalagi memburu binatang.
  • Kamu bisa membawa kantong plastik besar untuk menyimpan sisa makanan dan sampah untuk dibawa kembali.

Datang di pagi hari bisa menjadi pilihan yang tepat karena kamu mungkin bisa melihat satwa yang mencari makan. Kamu juga bisa melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari.

Leave a Reply