Lokasi, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Kusuma Agrowisata Batu

Jika kamu sudah bosan dengan tempat-tempat wisata yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba berkunjung ke wisata agro atau yang biasa dikenal dengan kusuma agrowisata batu. Tempat ini adalah tempat wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian dan segala fasilitasnya. Untuk menarik para wisatawan, biasanya agrowisata dilengkapi dengan wisata petik buah, memberi makan hewan ternak, memeras susu sapi, dan kegiatan perkebunan semacamnya.

Selain terkenal dengan objek wisata alamnya yang indah mulai dari pantai, air terjun, mata air, dan pegunungan. Malang juga memiliki jenis wisata lainnya yaitu wisata agro. Jika kamu sedang berada di Kota Malang, maka ada satu tempat agrowisata yang wajib dikunjungi yaitu Kusuma Agrowisata. Kusuma Agrowisata sendiri dikelola oleh PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisatajaya, dan berdiri diatas lahan seluas 4 hektar.

Kusuma Agrowisata Batu sudah cukup terkenal baik oleh wisatawan asal Malang maupun luar kota karena telah beridir sejak tahun 1989. Sejak pertama kali didirikan, Kusuma Agrowisata telah tumbuh menjadi tempat wisata dengan berbagai fasilitas dan juga kelebihan lainnya. Kusuma Agrowisata merupakan salah satu pelopor wisata agro di Indonesia, khususnya di Kota Malang.

Fasilitas Kusuma Agrowisata Batu

Hampir sama seperti kawasan agrowisata lainnya, Kusuma Agrowisata juga membolehkan kamu sebagai pengunjung untuk memetik buah-buahan seperti apel, jeruk, strawberry, buah naga dan buah-buahan lainnya. Kusuma Agrowisata ini termasuk objek wisata yang mudah untuk dijangkau karena letaknya yang berada di tengah Kota Batu.

Selain bisa memetik buah secara langsung dari pohonnya, kamu juga bisa membawa pulang buah-buah tersebut sebagai oleh-oleh dengan membayarnya. Harga per kilo dari buah yang kamu petik pastinya berbeda-beda, tergantung dari jenis buahnya. Atau bisa juga langsung kamu makan ditempat. Pasti menjadi pengalaman tersendiri memakan buah yang kamu petik langsung dari pohonnya.

Kusuma Agrowisata dibuka untuk umu setiap hari mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan 5 sore. Jadi kamu bisa puas berwisata di Kusuma Agrowisata jika datang dari pagi dan pulang di sore harinya. Jika kamu datang pagi hari, maka kamu bisa berkeliling ke semua perkebunan buah yang ada di Kusuma Agrowisata. Jadi kamu akan tahu bagaimana proses buah-buahan ketika berada di perkebunan, mulai dari cara menanam sampai dengan cara memanen.

kusuma agrowisata batu

Selain wisata petik buah, Kusuma Agrowisata juga menyediakan fasilitas lain yang dibutuhkan para wisatawan dari luar kota yaitu berupa hotel. Kamu yang masih ingin berlama-lama di kota Malang bisa menginap di Hotel Kusuma Aagrowisata.

Harga Tiket Masuk Kusuma Agrowisata Batu

Untuk bisa masuk ke Kusuma Agrowisata dan menikmati serunya memetik buah, kamu cukup merogoh kocek senilai Rp. 35.000,- sampai dengan Rp. 50.000,-.

Sedangkan untuk membawa pulang buah-buahan yang kamu petik dari Kusuma Agrowisata, kamu harus membayar sejumlah dengan berat buah yang kamu petik. Harga per kilo setiap buah berbeda-beda.

Kamu yang tidak ingin capek-capek berjalan kaki mengelilingi kebun buah di Kusuma Agrowisata bisa menggunakan mobil wisata. Namun untuk bisa naik, kamu harus membayar biaya tambahan Rp. 10.000,- per orang.

Lokasi Kusuma Agrowisata Batu

Wisata agro khas Malang ini terletak di Jl. Abdul Gani Atas, Kota Batu. Kusuma Agrowisata sendiri terletak diatas ketinggian kurang lebih 1000 meter diatas permukaan laut. Sehingga sangat cocok memang jika dijadikan lokasi wisata agro karena semua jenis tanaman bisa tumbuh dengan subur.

Tips Untuk Kamu yang Berkunjung ke Kusuma Agrowisata Batu

Jika kamu ada wisatawan yang datang jauh-jauh dari luar kota, kamu bisa memanfaatkan fasilitas hotek yang disediakan oleh Kusuma Agrowisata. Tentu dengan menyewanya agar dapat tinggal lebih lama di Kota Malang.

Usahakan untuk tidak makan terlalu kenyang sebelum masuk ke kawasan Kusuma Agrowisata Batu, agar di dalam kamu bisa menikmati buah-buahan yang kamu petik langsung dari pohonnya. Tidak lucu ‘kan, kalau kamu memetik buah-buahan tapi tidak kamu makan hanya karena kamu sudah kekenyangan.

Jika kamu punya anak atau keponakan, akan sangat cocok jika mereka diajak ke Kusuma Agrowisata. Kamu bisa memperkenalkan nama-nama buah serta mengajarkan mereka tentang pentingnya mengkonsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan.

Baca juga : Labirin Coban Rondo yang Unik

Wisata agro juga sebenarnya adalah jenis wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Kamu bisa berkunjung bersama keluarga besar, atau teman-teman satu kelas kamu di kampus. Keseruan pasti akan bertambah daripada kamu berkunjung ke Kusuma Agrowisata sendirian.

Karena kamu akan berkeliling di area perkebunan buah, akan sangat disarankan untuk tidak menggunakan sendal atau sepatu yang menyulitkan seperti high heels. Gunakanlah alas kaki yang datar, agar mudah melangkah di tanah perkebunan.

Satu tips lagi, berkunjunglah ketika cuaca sedang cerah. Karena jika kamu berkunjung ketika sedang hujan, maka area perkebunan akan menjadi becek dan tidak nyaman untuk kamu yang ingin jalan-jalan di area kebun untuk memetik buah.

Leave a Reply