Berburu Sunrise di Bukit Sikunir Wonosobo

Dieng menjadi obyek wisata yang sudah sangat populer bagi traveler Indonesia maupun mancanegara. Bukit sikunir wonosobo salah satunya. Dieng menyediakan banyak daya tarik bahkan ada beberapa spot wisata dalam satu area. Mulai museum geologi, candi, hamparan perkebunan teh hingga danau dan kawah. Bisa dikatakan Dieng Plateau wisata alam yang lengkap. Salah satu spot wisata yang tak kalah menarik di area Dieng Plateau adalah Bukit Sikunir. Bukit Sikunir memiliki nilai unik karena desa Sembungan dimana Puncak Sikunir berada menjadi desa tertinggi yang ada di pulau Jawa.

Bukit Sikunir berada kurang lebih 7 kilometer dari pusat dataran tinggi Dieng. Lokasinya yang berada di desa tertinggi, menjadikannya spot yang sangat menarik untuk menyaksikan matahari terbit. Bahkan matahari terbit di lokasi ini sering disebut sebagai golden sunrise. Bagi kamu pecinta sunrise, tentu spot ini tidak bisa dilewatkan. Matahari terbit yang berwarna keemasan dengan latar belakang gunung Sindoro dan dataran tinggi telah menarik banyak wisatawan. Memang golden sunrise di Bukit Sikunir adalah momen yang banyak dinantikan oleh pengunjung Sikunir. Bahkan tempat ini disebut sebagai salah satu tempat di Indonesia dengan pemandangan matahari terbit paling indah.

Bukit Sikunir tidak pernah sepi dari pengunjung. Terhitung ratusan wisatawan mengunjungi lokasi ini setiap minggu. Saat tertentu seperti saat berlangsungnya Dieng Culture Festival atau musim liburan, jalur menuju Sikunir sering macet karena banyaknya kendaraan pengunjung yang ingin menuju ke lokasi ini.

Lokasi dan Rute

Bukit Sikunir berlokasi di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo dan berada di Desa Sembungan. Lokasi bukit ini sangat mudah diakses baik menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jika kamu berasal dari luar Wonosobo, kamu bisa menaiki bus yang langsung ke Wonosobo atau bisa juga bus yang menuju ke Magelang. Dari Magelang kamu oper bis lagi menuju Wonosobo. Sesampainya di terminal Wonosobo, kamu perlu oper angkot berwarna kuning. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan naik mini bus yang menuju ke Dieng.

Baca juga tempat wisata menarik lainnya : Taman Wisata Baluran Ala Afrika

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menuju jalur Dieng dari alun-alun kota Wonosobo. Sesampainya di gerbang Dieng, belok ke kiri yang mengarah ke Telaga Warna hingga sampai ke Desa Sembungan. Kamu mungkin akan melewati jalanan terjal sehingga harus lebih berhati-hati dan pastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik.

Fasilitas

Bukit Sikunir menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Bukit ini sudah sering menampuk wisatawan yang membludak sehingga pengelola telah menyiapkan bebagai fasilitas demi keamanan serta kenyamanan pengunjung. Lokasi ini memiliki tempat parkir yang luas, toilet yang memadai, mushola, warung makan serta jejeran toko souvenir. Di lokasi ini, kamu juga bisa menemukan tukang ojek. Jika kamu malas berjalan kaki dari tempat parkir menuju pos pendakian, kamu bisa menggunakan jasa ojek. Jasa ojek ini sangat murah, sementara jika berjalan kaki kamu akan menempuh jarak sekitar 2 km.

bukit sikunir

Kawasan Sikunir juga menyediakan camping ground bagi kamu yang ingin mendirikan tenda untuk bermalam di Sikunir, namun kamu akan memerlukan ijin khusus dari pihak pengelola. Jika tidak siap dengan tenda, kamu masih bisa memilih homestay atau hotel yang banyak didirikan di sekitar Dieng.

Baca juga tempat wisata menarik lainnya : Lokasi, harga tiket masuk BNS

Harga Tiket

Kamu tidak akan dikenakan biaya jika ingin mendaki Puncak Sikunir alias gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir atau biaya menginap (penginapan atau biaya ke pengelola jika mendirikan tenda). Homestay yang berada di sekitar Sikunir cukup terjangkau. Harganya sekitar Rp 75 ribu hingga Rp 200 ribu permalam.

Tips berwisata ke Bukit Sikunir

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mengunjungi Sikunir dengan nyaman:

  • Sebelum memilih penginapan, sebaiknya lihat dulu review dari pengunjung lain. Jangan sampai kamu salah memilih penginapan
  • Terutama saat high season, akan lebih baik untuk memesan penginapan jauh-jauh hari
  • Musim kemarau menjadi waktu kunjung yang baik ke Bukit Sikunir karena hampir tidak ada mendung dan kabut yang menghalangi pandangan kamu
  • Berdasarkan beberapa informasi, golden sunrise terbaik di Sikunir berada di akhir desember hingga awal januari
  • Gunakan pakaian hangat seperti jaket, penutup kepala dan sarung tangan
  • Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan bahwa kendaraan dalam kondisi prima
  • Pakailah alas kaki seperti sepatu tracking atau sepatu olahraga saat mendaki. Sepatu ini akan memberikan kenyamanan serta menghindari kaki kedinginan
  • Datanglah saat tengah malam atau sebelum subuh untuk mendapat momen terbaik golden sunrise
  • Bawa senter atau penerangan saat melakukan pendakian, karena tidak ada penerangan di Puncak Sikunir

Leave a Reply