15 Daftar Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur

15 Daftar Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur ~ Ngawi merupakan kota di Jawa Timur yang berada di bagian paling barat sehingga berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Asal mula nama kota ini berasal dari kata awi yang berarti bambu dalam Bahasa Sansekerta. Dinamai demikian karena dulunya di kota ini terdapat sangat banyak tanaman bambu. Kota ini sendiri memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang tidak boleh kita lewatkan selama berlibur di sana. Berikut adalah 15 tempat wisata di Ngawi yang wajib untuk kita kunjungi apabila kita tengah berada di Jawa Timur.

1. Pertama ada Kebun Teh Jamus. Lokasi tepatnya ada di Girikerto, Kecamatan Sine. Jaraknya hanya sekitar empat puluh meter dari pusat kota dan berbatasan langsung dengan Magetan. Di dalamnya juga terdapat kolam renang dan kita bisa berenang di sana. Tak hanya itu, di dalam kawasan kebun teh terdapat pula air terjun buatan.

Kebun Teh Jamus

2. Kedua, ada Air Terjun Srambang. Air terjun ini juga termasuk ke dalam 15 tempat wisata di Ngawi yang harus kita kunjungi. Lokasinya ada di Girimulyo, Kecamatan Jogorogo. Tempat ini bisa dibilang satu paket dengan kebun teh Jamus karena arahnya berada di selatan Jamus. Jarak dari parkiran menuju ke air terjun sekitar dua kilometer dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Air Terjun Srambang

Baca juga : Daftar Tempat Wisata Pilihan di Lumajang

3. Ketiga ada Air Terjun Pengantin. Tingginya sekitar dua puluh meter dan ada di Hargomulyo, Ngrambe, Ngawi. Namanya yang unik menjadikannya sebagai tempat liburan para muda mudi serta pasangan. Dinamakan air terjun Pengantin karena lokasi air terjunnya berdekatan sehingga warga sekitar menamakannya demikian.

Air Terjun Pengantin

4. Keempat ada Waduk Pondok Ngawi. Di sini kita bisa menikmati keindahan ataupun naik wahana bebek air, sehingga waduk Pondok Ngawi tergolong cocok untuk keluarga. Lokasinya ada di Bringin, Desa Bero. Waduk Pondok Ngawi juga termasuk salah satu dari 15 tempat wisata di Ngawi yang wajib dikunjungi terutam apabila kita kemari bersama keluarga.

Waduk Pondok Ngawi

5. Kelima ada Waterboom Tirto Nirmolo. Lokasi waterboom ini ada di Jalan Raya Ngawi-Madiun kilometer 6. Tempat ini mudah untuk ditemukan karena masih berada di jalur utama dari kota Ngawi. Sesuai namanya, di sini terdapat banyak wahana permainan air serta kolam renang sehingga cocok untuk keluarga. Kita bisa berkunjung kemari bersama seluruh anggota keluarga pada akhir pekan.

Waterboom Tirto Nirmolo

6. Keenam ada Museum Trinil. Di dalamnya berisi sejarah manusia purba pada zaman dahulu kala. Museum Trinil merupakan salah satu wisata edukasi sejarah yang bagus terutama untuk anak-anak atau penyuka sejarah. Museum ini juga termasuk ke dalam 15 tempat wisata di Ngawi yang wajib kita kunjungi karena akan membuat kita memiliki tambahan informasi seputar manusia purba. Lokasinya berada di Kawu, Kecamatan Kedungalar.

7. Ketujuh, ada rumah peninggalan Dr. Radjiman Widyodiningrat. Dr. Radjiman Widyodiningrat sendiri merupakan pendiri dari BPUPKI atau Badan Pergerakan Usaha Persiapan Indonesia. Rumah ini masih berdiri tegak dan dirawat oleh Pemda setempat. Di dalamnya terdapat patung, peralatan rumah tangga, hingga pusaka dan lain-lain di mana semuanya masih terawat dengan baik.

8. Kedelapan ada Monumen Soerjo. Lokasinya ada di Jalan Raya Ngawi-Solo dan bisa ditemukan apabila kita hendak menuju Madiun. Monumen akan terlihat dari tepi jalan dan berdekatan dengan pasar burung. Monumen Soerjo juga termasuk dalam 15 tempat wisata di Ngawi yang harus dikunjungi karena akan memberikan kita edukasi seputar sejarah.

9. Kesembilan ada Pemandian Tawun. Lokasinya ada di Desa Tawun, Kasremen. Tempat ini terutama cocok apabila kita menyukai pemandian air panas yang masih asri dan memiliki suasana tenang. Di sini juga terdapat berbagai macam hewan peliharaan yang bisa kita lihat, seperti burung, monyet, kura-kura, dan lain-lain. Tempat ini juga terbilang cocok untuk seluruh anggota keluarga.

10. Kesepuluh ada Pesanggrahan Jati. Lokasi tepatnya ada di Babadan, Paron, Ngawi. Di sini kita bisa menemukan petilasan dari Raja Brawijaya sehingga pada waktu-waktu tertentu kita bisa menyaksikan adanya ritual yang diadakan di sini. Pesanggrahan Jati juga termasuk dalam 15 tempat wisata di Ngawi yang layak untuk dikunjungi karena merupakan wisata sejarah.

Baca juga : Daftar Obyek Wisata di Mojokerto Jawa Timur

11. Kesebelas ada Benteng Pendem Van de Bosch. Lokasinya ada di Palem dan akses menuju ke sana terbilang mudah. Ini karena benteng pendem Van de Bosch letaknya berdekatan dengan pusat kota Ngawi, yakni hanya berjarak kira-kira satu kilometer saja. Benteng ini sendiri dibangun oleh Belanda sekitar tahun 1845 atau seratus tahun sebelum Indonesia merdeka.

12. Keduabelas ada industri gamelan. Lokasi tepatnya ada di Desa Mojo, Bringin, Ngawi. Bagi kita yang menyukai musik gamelan bisa langsung membeli alat musik ini secara langsung di industri gamelan. Ini karena industri gamelan tak sekedar sebagai tempat wisata namun juga pabrik gamelan di Ngawi. Industri gamelan termasuk ke dalam 15 tempat wisata di Ngawi yang wajib untuk dikunjungi.

13. Kemudian, ketiga belas ada Air Terjun Teleng yang berlokasi di Ngrayudan, Jogorogo. Akses menuju air terjun ini bisa menggunakan kendaraan menuju kea rah selatan dari Jogorogo. Apabila kita datang dari Ngawi, pergilah ke arah Jamus lalu terus ke Jogorogo, tanyakan pada orang di sana di mana letak Ngrayudan serta air terjun Teleng ini. Air terjun juga biasa disebut Selo Ondo oleh masyarakat sekitar. Setelah puas dari bermain air di Selo Ondo, kita bisa mampir ke Magetan yang memiliki wisata Telaga Sarangan.

14. Keempatbelas ada Air Terjun Suwono. Lokasinya masih berdekatan dengan air terjun Pengantin. Sayangnya di tempat ini tidak tersedia warung atau tempat makan lainnya sehingga apabila kita merasa lapar sebaiknya kita membawa makanan sendiri dari rumah. Biaya masuknya sendiri ada di kisaran lima ribu rupiah. Cukup terjangkau untuk menikmati keindahan air terjun, sehingga air terjun ini juga masuk ke dalam 15 tempat wisata di Ngawi yang harus kita kunjungi.

Air Terjun Suwono

15. Terakhir ada Waduk Kuniran. Waduk ini sendiri sebenarnya merupakan bendungan untuk sistem irigasi. Akan tetapi waduk ini juga memiliki keindahannya tersendiri sehingga dijadikan objek wisata serta termasuk dalam 15 tempat wisata di Ngawi yang harus dikunjungi. Bendungan ini tepatnya berlokasi di Desa Kuniran, Kecamatan Sine, Ngawi. Lokasi utamanya berada sekitar lima puluh meter dari jalan utama sehingga mudah untuk dicapai.

Waduk Kuniran

Itulah daftar lengkap 15 tempat wisata di Ngawi yang bisa kita datangi. Lumayan lengkap, bukan? Mulai dari wisata keluarga, wisata sejarah hingga wisata alam semuanya tersedia di Ngawi, Jawa Timur. Kita bisa berlibur di akhir pekan bersama seluruh anggota keluarga dan mengunjungi satu per satu objek wisata seperti yang disebutkan di atas. Demikian informasi ini semoga bermanfaat. Selamat berlibur di Ngawi, Jawa Timur.

Leave a Reply