12 Tempat Wisata di Mojokerto Favorit Wisatawan

Mojokerto merupakan salah satu daerah di Indonesia yang juga merupakan destinasi bagi wisatawan domestik untuk mengisi waktu liburan mereka. Ada 12 tempat wisata di Mojokerto yang merupakan favorit destinasi bagi banyak wisatawan local yang direkomendasikan bagi mereka yang ingin datang ke Mojokerto. Berikut adalah daftar tempat wisata di Mojokerto yang direkomendasikan untuk wisatawan lokal:

  • Air Terjun Coban Canggu

air-terjun-coban-canggu-mojokerto

Merupakan air terjun yang dilengkapi dengan landskap hutan kecil yang cukup luas dan mencuci mata anda. anda dapat menikmati sejuknya daerah air terjun yang masih asri ini untuk melepaskan kepenatan setelah selama ini beraktivitas di daerah perkotaan dalam waktu yang lama. anda dapat rekreasi bersama keluarga dan membuka secangkir teh hangat untuk dinikmati di tempat ini sembari menikmati betapa indahnya alam yang ada disekitar. Tidak jarang juga wisatawan yang menghampiri tempat ini sejenak mengabadikan foto bersama orang terdekat mereka karena jarang mengunjungi tempat-tempat seperti ini.

  • Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang

Sebagai salah satu dari 12 tempat wisata diMojokerto yang merupakan favorit berbagai wisatawan ini, Candi Wringin Lawang menjawab sejarah kerajaan yang ada di daerah Mojokerto ini. arti nama candi itu sendiri berarti adalah pohon beringin yang diambil dari kata wringin dan kata lawang tersebut yang dapat diartikan sebagai pintu. Candi yang juga disebut sebagai Candi Jatipasar ini berada di daerah Dusun Wringin, Desa Jatipasar. Kebanyakan wisatawan cenderung menempati tempat wisata ini untuk keperluan menikmati keindahan candinya. Tidak jarang arkeolog datang untuk mempelajari sejarah yang dibuat dari tempat ini anda dapat mengunjungi tempat ini sembari menikmati beberapa makanan khas Mojokerto yang dibuat warga sekirat.

Baca juga : Daftar lengkap tempat wisata di Pasuruan Jawa Timur

  • Patung Buddha Tidur

Patung Buddha Tidur

Kawasan wisata menarik lainnya yang menjadi bagian dari 12 tempat wisata di Mojokerto yang menarik dan dijadikan favorit wisatawan adalah tempat ini. Dikenal juga sebagai Patung Buddha Tidur Majapahit dan terkenal dengan ukurannya yang menjadi terbesar ketiga di dunia. Banyak wisatawan yang penasaran seperti apa tempat wisata ini. tempat ini juga kerap dijadikan tempat beribadah umat beragama Buddha sekaligus tempat wisata keluarga. Patung berukuran besar dan berwarna emas ini dulunya adalah tempat peribadatan umat Buddha pada masa kerajaan Majapahit berkuasa didaerah Mojokerto.

  • Trowulan

Adalah nama museum yang merupakan 12 tempat wisata di Mojokerto yang cukup menggugah selera. Di museum ini ada berbagai koleksi peninggalan kerajaan dari masa Kerajaan Majapahit, hingga kerajaan lainnya seperti Kediri, Singasari ataupun Kahuripan. Tidak sedikit dari mayoritas wisatawan ini mengunjungi tempat ini sebagai ajang untuk menambah wawasan mereka akan heritage of kings dari Indonesia itu sendiri. Tempat wisata ini juga kerap diramaikan oleh pengunjung seperti anak-anak yang sedang study tour sekolah dan berdestinasi ke tempat ini untuk mendidik siswa/I agar paham akan sejarah kerajaan di Indonesia.

  • Pemandian Ubalan Pacet

Pemandian yang terletak di desa Padusan, Mojokerto ini juga ambil bagian dari 12 tempat wisata di Mojokerto yang direkomendasikan untuk anda dan keluarga. Letaknya yang hanya berkisar 1 km dari kota Mojokerto membuat tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Anda dapat melepas penat setelah lelah berkeliling Mojokerto di tempat pemandian ini. tidak hanya itu, tempat wisata ini dilengkapi dengan taman bermain untuk anak-anak, outbound, dan berbagai wahana menarik lainnya yang dapat membuat variasi wisata anda didalamnya menjadi lebih menarik bersama keluarga tercinta.

  • Situs Kedaton

Merupakan desa wisata yang letaknya dengan Museum Trowulan yang juga menjadi bagian dari 12 tempat wisata di Mojokerto paling ramai dikunjungi masyarakat. Dinamakan Situs Kedaton karena ini merupakan suatu Desa Kedaton yang dulunya berdiri rumah-rumah kuno dari masa Kerajaan Majapahit silam dan masih terbuat dari bata merah. Diperkirakan, rumah-rumah tersebut sudah berdiri semenjak abad ke-13 sehingga menawarkan nilai seni dan juga sejarah bagi siapa saja yang hendak mengunjungi tempat wisata ini.

  • Balai Pelestarian Purbakala

balai-pelestarian-purbakala-mojokerto

Mojokerto memiliki balai pelestarian yang letaknya juga tidak jauh dari Situs Kedaton dan Museum Trowulan. Tempat ini lebih spesifik menghadirkan berbagai barang peninggalan purbakala bahkan jauh sebelum adanya kerajaan yang menempati Mojokerto dulunya. Untuk anda yang menginginkan wisata mendidik untuk anak anda, ada baiknya anda menempati tempat wisata ini sebagai prioritas dan wahana rekreasi bersama keluarga kecil anda.

  • Masjid Agung Al-Fattah

masjid-agung-al-fattah-mojokerto

12 tempat wisata di Mojokerto lainnya adalah Masjid yang didirikan pada zaman Belanda semenjak 1978 ini. Terletak di Alun-Alun Mojokerto yang dekat dari pusat kotanya, membuat tempat ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat beribadah umat muslim namun juga kerap dikunjungi wisatawan untuk melihat keaslian dari Masjid yang tetap kokoh meski dimakan usia ini. tempat ini juga kerap dijadikan taman kanak-kanak bernuansa muslim yang dilengkapi juga dengan perpustakaan untuk bahan membaca.

  • Air Terjun Dlundung

air-terjun-dlundung-mojokerto

Wisata alam lainnya yang menjadi salah satu dari 12 tempat wisata di Mojokerto adalah wisata Air Terjun Dlundung ini. letaknya berada di Dusun Ketapang, Desa Kemloko. Air terjun yang memiliki ketinggian 50-60 meter ini dijadikan sasaran tepat untuk anda melihat keindahan air terjun yang terbilang cukup tinggi dan aliran airnya yang deras ini. tidak sedikit dari wisatawan sekaligus berpiknik ditempat ini untuk menikmati indahnya alam, sejuknya udara disana dan juga tempat bermain air disekitar aliran sungai yang mengalir akibat air terjun tersebut.

  • Candi Jalatunda

candi-jalatunda-mojokerto

Merupakan salah satu candi yang juga terdapat di Mojokerto dan menjadi bagian dari 12 tempat wisata di Mojokerto rekomendasi untuk anda dan keluarga. Apabila anda masih di daerah Trowulan untuk menikmati berbagai wahana wisata yang ditawarkan disana, anda juga dapat melengkapi wisatanya ditempat ini karena memang letaknya berdekatan. Banyak sekali nilai sejarah yang bisa anda dapatkan disekitar tempat ini termasuk Candi Jalatunda ini.

  • Candi Brahu

candi-brahu-mojokerto

Masih termasuk dalam rangkaian wisata Trowulan yang terdapat di Mojokerto ini, candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit di waktu lampau yang merupakan tempat yang dianggap suci bagi Kerajaan Majapahit dulunya. Brahu atau warahu yang dalam artian Prasasti Alasantan merupakan tempat yang berarti suci. Letak candi ini terbilang tidak jauh, yaitu sekitar 2 km dari kota Mojokerto sehingga anda tidak perlu khawatir untuk kelelahan di perjalanan.

  • Candi Bajang Ratu

candi-bajang-ratu-mojokerto

Menjadi bagian dari 12 tempat wisata di Mojokerto ini, Candi Bajang Ratu menempati salah satu posisi yang dapat dikatakan wisata favorit. Candi yang diperkirakan sudah ada semenjak abad ke-14 ini merupakan sebuah gapura besar dulunya yang digunakan untuk pintu masuk bagi raja-raja besar pada masa Kerajaan Majapahit dulunya yang salah satunya adalah Raja Jayanegara. Meski terbuat dari bata merah, keelokan candi ini masih bertahan hingga anak cucu kita dapat melihatnya.

Leave a Reply